Blog ini dibuat untuk memperkenalkan kegiatan kegiatan OSIS SMPN 52 Jakarta.

Pengalaman Penanggung Jawab di VII-B

Pengalaman Penanggung Jawab di VII-B

Pengalaman Penanggung Jawab di VII-B



Oleh : Muhamad Agung Prakoso




Assalamualaikum.wr.wb
Hai! Kali ini saya, M.Agung Prakoso ingin berbagi cerita sebagai Penanggung Jawab atau yang biasa disebut dengan PJ, Tepat pada tanggal 15 juli 2013, MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) untuk tahun ajaran 2013/2014 kali ini di SMPN 52 Jakarta dimulai. Saya selaku Penanggung Jawab di kelas 7B bersama Adin, Gusti, Onny, dan Nabila. Pasti sebagian orang pernah merasakan yang namanya membimbing adik kelas dan mungkin ada sebagian orang yang belum bahkan tidak pernah membimbing adik kelas maka itu saya akan berbagi cerita mengenai saya membimbing adik kelas saat MOPDB tahun 2013 ini di SMPN 52 Jakarta.
Hari pertama saat MOPDB kali ini adalah melakukan apel di lapangan SMPN 52 Jakarta dan pembukaan MOPDB oleh kepala sekolah SMPN 52 Jakarta yaitu, Bapak Sudarto.MM dengan ditandai pemukulan gong dan mengenakan beberapa atribut berwarna untuk membedakan kelasnya masing masing. Hari pertama berdiri di depan adik – adik kelas terasa tegang, setelah saya lebih mengenal sebagian adik – adik saya lebih berasa lebih akrab, kan pepatah mengatakan, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Setelah apel, kegiatan berlanjut di kelas masing masing. Rasanya ngomong di depan adik kelas itu cukup tegang, apalagi kalo ngomongnya itu dicuekin bahkan ada yang tidak merhatikan, Mungkin dia juga baru masuk mungkin agak sedikit malu ya saya maklumi saja. MOPDB kali ini jatuh pada Bulan Ramadhan, maka itu melakukan tadarus terlebih dahulu selama 30 menit. Setelah itu PJ-nya mengabsen nama – nama adik kelas agar supaya lebih mengenal dan lebih menghafal nya. Dan agar lebih mengenal kembali kami menyuruh adik kelas untuk memperkenalkan dirinya didepan, dan menanyakan kembali kepada yang medengarkan apakah dia menghafal atau tidak, Sepertinya dia tampak masih malu untuk memperkenalkan dirinya di depan. Kegiatan demi kegiatan kami lakukan di hari pertama sampai akhirnya bel untuk waktu pulang sudah berbunyi, sebelum pulang adik kelas dipersilahkan untuk Sholat Dzuhur berjama’ah di Mushollah SMPN 52 Jakarta.


Hari kedua, seperti hari sebelumnya adik kelas melakukan apel yang didampingi oleh PJ-nya masing masing, dan Pembina apel kali ini adalah Mr. Ronaldi. Saat melakukan apel, Mr.Ronaldi membimbing adik kelas untuk baris berbaris dengan menggunakan Bahasa Inggris, dan kelas yang barisannya paling rapi dan bagus, kelasnya boleh masuk ke ruang kelas dahulu. Setelah sampai dikelas seperti biasa mengabsen adik kelas. Lalu kegiatan diisi oleh Bu Wiwit dan Bu Wajiamti untuk memperkenalkan kegiatan Ekstrakulikuler yang ada di SMPN 52 Jakarta dan adik – adik pun banyak yg antusias untuk nanti setelah Bulan Ramadhan usai mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang mereka minati. Cukup senang melihat adik – adik ingin mengikuti ekstrakulikuler yang mengisi waktu luang nya dan semoga mereka dapat berprestasi di bidang ekskul nya masing – masing dan menambahkan sebanyak – banyak nya piala di lemari piala SMPN 52 Jakarta. Dan kegiatan selanjutnya mengajari adik kelas untuk menyanyikan lagu Mars dan Hymne SMPN 52, dan membuat yel – yel yang nanti ditampilkan pada saat Pentas Seni setelah libur. Di hari kedua ini cukup melelahkan, tetapi sangat menyenangkan. Bisa membingbing adik kelas agar mengenal SMPN 52 lebih dekat lagi.
Di hari Ketiga, seperti biasa kita melakukan apel terlebih dahulu dan pembinanya lagi lagi Mr. Ronaldi. Dilanjutkan dengan kegiatan menonton Profil Sekolah SMPN 52 Jakarta yang berada di ruang multimedia dan yang menjadi Pembina nya adalah Bu Wiwit dan Bu Wajiamti. Mereka memperhatikan nya cukup serius dan kaka PJ nya pun ikut menonton soalnya sebelum nya juga belum pernah menonton. Setelah itu PJ nya masing masing membimbing adik kelas nya untuk berkeliling ke seluruh sudut Sekolah SMPN 52 Jakarta agar mengetahui dan mencatat fasilitas apa saja yang dimiliki oleh SMPN 52 Jakarta dari lantai 1 hingga lantai 3. Dan kembali ke ruang kelasnya masing – masing perkenalan ruang tadi cukup melelahkan sehingga adik – adik beristirahat sejenak. Setelah itu melanjutkan pembuatan yel – yel. Bel waktu pulang berbunyi, kali ini adik kelas dipersilahkan apel untuk penutupan MOPDB Tahun ajaran 2013/2014 dengan pelepasan atribut oleh Wakil Kepala Sekolah yaitu Bapak Darminto. Dan semua adik kelas melepas atribut mereka masing – masing. Dan pulang ke rumah nya masing – masing.
MOPDB kali ini Seru, Senang, Asik.. dan pas pada saat bulan puasa jadi cukup melelahkan juga. Apalagi saya selaku Penanggung Jawab MOPDB baru saat ini melakukan acara tersebut. Kegiatan MOPDB untuk memperkenalkan peserta didik baru agar mengenal sekolah baru nya yang di damping oleh PJ tersebut, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mungkin masih banyak cerita tentang MOPDB kali ini tetapi saya tidak dapat menjelaskan nya secara satu persatu pokoknya Seruuuu Abisss.. SMP LimaPuluhDua JAYAAAA!!! TERIMAKASIH
Wassalamualaikum.wr.wb




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Ronaldi, Published at 1:38 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment